Relative Clause

Relative Clause adalah bagian dari kalimat (anak kalimat) yang berfungsi untuk menghubungkan (me-relate) benda atau orang tersebut dengan frasa di belakangnya. Relative Clause diawali dengan kata penghubung who, whom, whose, which, that.

Relative clause merupakan klausa dependen yang berfungsi menerangkan kata benda sehingga didapat informasi yang jelas mengenai benda tersebut. Untuk menghubungkan antar klausa digunakan kata penghubung seperti, that, which, who, whom, dan whose.

Berikut adalah contoh kalimat relative clause.

The woman who wears the red dress is my aunt

This is the bicycle that my father bought me yesterday

The man whom we met is my father’s friend

The family whose house is in front of the our house is our relatives

These are the cookies which my mothe gives us.

Penggunaan Relative Clause (That, Which, Whi, Whom, dan Whose)

  1. Who : Digunakan untuk orang yang berfungsi sebagai subjek.

The man who is running is my brother  ; Orang yang sedang berlari adalah saudara  saya

Dalam kalimat ini sesungguhnya ada dua kalimat yaitu:

The man is my brother

He is running

                Do you know the people who live next door?

Kamu tahu orang yang tinggal di sebelah?

  1. Whom : Digunakan untuk orang yang berfungsi sebagai objek

The students whom I met yesterday are coming to my house

Murid yang saya temui kemarin akan dating ke rumah saya

I never thought before that I would marry a woman whom I didn’t love

Saya tidak pernah menyangka saya akan menikah dengan perempuan yang tidak  saya cinta

  1. Which : Digunakan untuk benda

This is the book which I always read ; Ini buku yang selalu saya baca

Kalimat ini juga terdiri dari dua kalimat

This is the book

I always read it

There is a program on TV tonignt which you might like

Nanti malam ada acara di TV yang mungkin kamu suka

  1. That : Digunakan untuk orang dan benda

The policeman that I talked to will retire next year ; Polisi yang bebicara dengan saya akan pensiun tahun depan

This is the house that I will live in when I am old

Inilah rumah yang akan saya tinggali kalau saya sudah tua nanti

  1. Whose : Digunakan untuk menunjukkan kepunyaan

The manager whose secretary is beautiful is married ; Manajer yang sekertarisnya  cantik sudah                menikah

I saw a girl whose hair came down to her waist

Saya melihat seorang gadis yang rambutnya panjang sampai pinggang

Jadi,

Who       : Menerangkan orang sebagai subject

Whom : Menerangkan kan orang sebagai object (menggantikan me, you, us, him, her, them, it)

Whose : Menerangkan orang sebagai pemilik (menggantikan my, your, our, his, her, their, its)

Which  : Menerangkan benda sebagai subject maupun object

That     : Menerangkan orang atau benda baik sebagai subject maupun object

Source:

Leave a comment